Masih Muda Kok Keriput? Ini Penyebab dan Solusinya.

Masih Muda Kok Keriput? Ini Penyebab dan Solusinya.

Sëring kali wanita langsung didëra këpanikan karëna mënëmukan kërutan-kërutan yang muncul lëbih dini daripada sëharusnya. Mërëka mënganggap kërutan-kërutan itu mëmbuat pënampilan mënjadi lëbih tua. Kërutan yang muncul pada usia muda ini disëbut dëngan pënuaan dini.

Pënuaan dini mërupakan suatu prosës pënuaan yang tërjadi jauh lëbih cëpat sëbëlum prosës pënuaan itu sëndiri tërjadi sëcara alami sëiring dëngan bërtambahnya usia. Hal ini paling mudah tërlihat dari kondisi kulit.
Masih Muda Kok Keriput? Ini Penyebab dan Solusinya.

Sëcara alami, kulit akan mëngalami pënuaan atau bërkërut sëiring bërtambahnya usia. Ini mëmang disëbut dëngan pënuaan kronologis. Kulit yang mënua sëcara alami akan tëtap halus dan tanpa pigmëntasi dëngan pënëgasan garis ëksprësi wajah pada bëbërapa tëmpat.

Dëngan bërtambahnya usia maka kondisi tubuh, tërmasuk kulit akan mëngalami pënurunan. Hormon ëstrogën tëlah ditëliti bërpëran dalam pëmbëntukan kolagën kulit. Mënurunnya produksi hormon ëstrogën sëiring përtambahan usia mënyëbabkan turunnya produksi kolagën. Hal ini bërkontribusi tërhadap tërjadinya kulit yang lëbih tipis dan këring, munculnya këriput atau pënëgasan garis ëksprësi wajah, sërta bërkurangnya këkënyalan kulit sëiring dëngan bërtambahnya usia.

Hal ini bërbëda dëngan pënuaan dini. Kulit yang mëngalami pënuaan dini akan mënunjukkan gëjala pënuaan yang lëbih buruk daripada kulit yang mëngalami pënuaan sëcara alami. Hal ini dipëngaruhi olëh faktor dari luar tubuh. Kulit yang mëngalami pënuaan dini akan tampak kusam, bërbintik-bintik atau dëngan noda këhitaman pada kulit dan bërkërut pada banyak tëmpat. Përubahan ini juga lëbih nyata tërjadi pada daërah-daërah tubuh dëngan kulit yang tërpapar.

Faktor-faktor yang dapat mëmpërcëpat tërjadinya pënuaan adalah:

1. Sinar Matahari
Dipërkirakan, sëkitar 80% pënyëbab pënuaan dini pada kulit adalah karëna paparan sinar matahari yang bërlëbihan. Sinar matahari, tërutama sinar ultraviolët dapat sëcara langsung mënyëbabkan kërusakan sërat kolagën dan sërat-sërat ëlastis pada kulit. Ini mënyëbabkan munculnya kërutan-kërutan di tëmpat-tëmpat yang tidak sëharusnya dan muncul lëbih dini. Paparan sinar UV juga dapat mënyëbabkan tërjadinya pëmbëntukan bërcak-bërcak pigmëntasi pada kulit.

2. Polusi
Sërupa dëngan paparan sinar UV, polusi juga dapat mënyëbabkan tërjadinya pëmbëntukan radikal bëbas yang dapat mënyëbabkan kërusakan kolagën kulit. Hal ini dapat mënyëbabkan timbulnya kërutan-kërutan di kulit lëbih awal.

3. Rokok
Sëtiap ëlëmën di dalam rokok mëngandung bahaya bagi kulit dan sëcara përlahan tapi pasti dapat mënyëbabkan sësëorang mënjadi tampak lëbih tua daripada usia aslinya. Rokok sëcara umum mënurunkan kadar vitamin A pada kulit wajah yang sëbënarnya bërfungsi sëbagai antioksidan. Tëmbakau di dalam rokok dapat mëmbuat kërusakan kolagën kulit sëhingga ëlastisitas bërkurang dan kulit lëbih mudah bërkërut. Nikotin akan mëmbuat sël-sël kulit këkurangan cairan sëhingga këlëmbapan bërkurang, kulit mënjadi kusam, këring dan kasar.

4. Makanan
Asupan nutrisi yang rëndah sërat, rëndah vitamin, rëndah antioksidan dan asupan nutrisi yang tidak sëimbang dapat mënyëbabkan pënurunan kondisi kulit. Sëhari-harinya kulit mëmërlukan nutrisi untuk tërus mëmpërbarui sël dan mëlawan sinar matahari, polusi dan radikal bëbas. Tanpa nutrisi yang baik maka kulit tidak akan dapat mënjaga këkënyalannya.


Jadi, jangan sëpëlëkan përawatan kulit yang baik dan tëpat agar tërhindar dari munculnya kërutan-kërutan yang tidak pada tëmpatnya, tidak diinginkan, dan mëmbuat kita lëbih tua daripada usia sëbënarnya!

sumber: nopotoyo.blogspot