JAGALAH Kesehatan jantungmu Dengan Jenis Makanan Sehat ini

JAGALAH Kesehatan jantungmu Dengan Jenis Makanan Sehat ini
 
JAGALAH Kesehatan jantungmu Dengan Jenis Makanan Sehat ini
JAGALAH Kesehatan jantungmu Dengan Jenis Makanan Sehat ini

JAGALAH Kesehatan jantungmu Dengan Jenis Makanan Sehat ini - Makanan Sehat Bagi Penderita Jantung Penyakit jantung memang seringkali menjadi momok yang paling menakutkan. Betapa tidak jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung anda bermasalah  maka akan terjadi penyumbatan saluran darah yang dapat berujung kepada serangan jantung. Tentunya penyakit ini berbahaya yang mampu berakhir pada kematian.
 
Mengatur pola hidup sehat dapat menghindarkan diri dari risiko terkena penyakit jantung. Adapun cara memulainya adalah membiasakan dengan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung. Selain itu, anda juga perlu berolahraga secara rutin agar tubuh senantiasa sehat. Nah, apa saja jenis makanan sehat bagi penderita jantung? Mari kita simak penjelasan di bagian selanjutnya.
 
Jenis Makanan Sehat Bagi Penderita Jantung 
1.Bawang PutihBawang putih dapat menggatikan garam sebagai penambah rasa gurih untuk makanan.  Pasalnya bawang putih tidak akan berpengaruh pada tekanan darah, maka dianjurkan untuk sering dikonsumsi. Lain halnya dengan banyak mengonsumsi garam yang mampu meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi (hipertensi), sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung bahkan stroke sekalipun.
 
2. KacangMemperbanyak makanan jenis kacang-kacangan, misalnya kacang merah maka bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang merah sebanyak tiga cangkir dalam seminggu. Tidak dapat dipungkiri, jika kacang kaya akan fitonutrien yang baik bagi jantung. Di samping itu, kacang-kacangan juga banyak mengandung serat dan air sehingga menjadikan anda cepat kenyang. Terlebih lagi jenis kacang ini memiliki kandungan antioksidan yang mencegah kerusakan sel.
 
3. Biji-Bijian UtuhBeberapa biji-bijian utuh di antaranya adalah beras merah, gandum, dan jagung yang merupakan sumber utama karbohidrat, sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker serta masalah kesehatan lainnya. Biji-bijian sendiri mengandung banyak serat, protein, vitamin B, mineral dan antioksidan. Nah, mineral yang terkandung di dalamnya termasuk zat besi, magnesium dan zinc.
 
4. KubisJenis sayuran kubis mengandung banyak fitonutrien yang mampu menyehatkan organ jantung. Bukan hanya itu, kubis juga memiliki kandungan berupa vitamin A, vitamin C, vitamin K, potasium, zat besi dan kalsium. Dengan begitu, kubis memang tepat ditambahkan sebagai menu makanan anda sehari-hari, misalnya untuk membuat salad atau menu sayuran lainnya.

5. Buah BeriAda banyak jenis buah beri seperti stroberi, bluberi, blackberry, dan rasberi. Buah beri tersebut memiliki kandungan serat dan antioksidan yang dapat mengurangi serangan penyakit jantung. Hebatnya lagi buah beri tidak akan memicu penyakit diabetes karena rasa manis yang ada di dalamnya.
 
6.ApelBerdasarkan penelitian, mengonsumsi satu atau 2 buah apel dalam sehari mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini tak terlepas dari kandungan apel yang sangat efektif untuk membasmi kolesterol jahat di  dalam tubuh, bahkan dapat membantu mengatur gula darah. Di samping itu, apel mengandung fitonutrien dan senyawa lain yakni pektin dan quercetin.
 
Setidaknya anda harus melakukan kebiasaan yang sehat, seperti olahraga teratur, mengonsumsi makanan sehat, dan tidak merokok sehingga dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 82 persen.


sumber: http://cara-kesehatankecantikan.com/2016/07/jenis-makanan-sehat-bagi-penderita.html