MENGEJUTKAN!!! Rahasia Si Nanas

MENGEJUTKAN!!! Rahasia Si Nanas
 
MENGEJUTKAN!!! Rahasia Si Nanas
 MENGEJUTKAN!!! Rahasia Si Nanas

MENGEJUTKAN!!! Rahasia Si Nanas - Nanas memiliki kualitas yang luar biasa sebagai buah tropis dengan rasa manis dan asam yang seimbang. Banyak orang tidak menyadari bahwa nanas merupakan gabungan dari banyak bunga yang terdiri dari kepingan buah yang mengelilingi inti pada bagian tengah. Berapa lama waktu yang dibutuhkan buah nanas untuk tumbuh? Dapatkah nanas memicu aborsi atau mencegah kanker? 

Berikut beberapa dari sekian banyak fakta yang mungkin tidak anda ketahui mengenai buah nanas.
1) Semua Nanas Berawal dari Bunga
Nanas termasuk ke dalam famili tumbuhan tropis bromeliad. Menariknya, nanas merupakan satu-satunya anggota famili ini yang bisa dimakan. Ovarium pada nanas berkembang menjadi berry yang bergabung menjadi sebuah buah besar, padat, dan memiliki aksesoris yang beragam. Berlawanan dengan pemahaman yang ada; nanas tidak tumbuh dari pohon! Buah eksotis ini sebenarnya berasal dari tanaman bunga dan melalui proses yang telah dijelaskan sebelumnya.

2) Makna Kata Nanas (Pineapple)
Kata ‘nanas’ (pineapple) pada bahasa Inggris tercatat pertama kali tahun 1398, ketika pertama kali digunakan untuk mendeskripsikan buah pohon cemara (pine cone). Pemakaian istilah “pine cone” yang digunakan pada organ reproduksi pohon conifer pertama kali tercatat pada tahun 1694. Saat penjelajah Eropa menemukan buah tropis ini di Amerika, mereka menyebutnya sebagai “pineapples” (pertama kali digunakan pada tahun 1664 karena kemiripan yang dimilikinya dengan apa yang saat ini dikenal dengan istilah pine cone).

3) Nanas Membutuhkan Waktu Hingga 2,5 Tahun untuk Tumbuh
Nanas merupakan tanaman yang dipanen menggunakan tangan. Panen pertama, yang disebut dengan istilah ‘tanaman panen’, membutuhkan waktu 18-20 bulan sampai siap untuk dipetik. Pembuahan bisa memakan waktu hingga 6 bulan setelah proses tumbuhnya bunga selesai. Panen berikutnya, yang disebut dengan istilah ‘ratoon pertama’, membutuhkan waktu 15 bulan. Saat memetik nanas, pekerja berjalan melalui barisan nanas, menggunakan sarung tangan dan pakaian tebal untuk melindungi mereka dari daun bromeliad yang runcing.

4) Geometri Sakral
Buah nanas tersusun atas 2 buah heliks yang saling mengunci, 8 pada satu arah, 13 ke arah yang lain, masing-masing merupakan angka Fibonacci. Sudah merupakan pengetahuan umum bahwa nanas merupakan contoh angka Fibonacci yang berurutan, seperti 5-8-13 atau 8-13-21. Fibonacci sering muncul pada alam, dan jumlah spiral pada nanas merupakan salah satu contoh yang sering digunakan. Kulit nanas terpola dalam bentuk heksagonal yang 3 diantaranya merupakan satu set spiral yang berbeda. Satu dari 5 set spiral naik ke arah kanan, set kedua yang terdiri dari 8 spiral naik ke kiri, dan set ketiga naik dengan tajam ke arah kanan.

5) Produksi Nanas di Seluruh Dunia
Banyak orang menyangka bahwa sebagian besar nanas berasal dari Hawaii dan Thailand, namun Brazil adalah pemimpin dalam hal produsen nanas diikuti oleh Filipina di urutan kedua. Kedua produsen tersebut mampu menghasilkan lebih dari 2 kiloton per tahun. Hawaii merupakan satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang menjadi penghasil nanas.

6) Akar dan Buah Nanas Dapat Digunakan Sebagai Obat
Baik akar dan buah nanas dapat dimakan atau dioleskan sebagai anti-inflamasi atau mediator proteolytic. Dalam beberapa praktek, nanas digunakan untuk menstimulasi aborsi atau menstruasi atau sebagai agen mediator antihelminthic.

7) Sumber Mineral dan Enzim
Nanas merupakan sumber residu mineral mangan yang baik, yang merupakan kofaktor esensial dalam sejumlah enzim yang memproduksi energi dan perlindungan antioksidan. Sebagai contoh, dismutase enzim oksidatif superoksida, yang melumpuhkan radikal bebas yang dihasilkan di dalam mitokondria (‘pabrik’ yang memproduksi energi pada sel), membutuhkan mangan. Selain mangan, nanas juga kaya akan thiamin, vitamin B yang berfungsi sebagai kofaktor dalam reaksi enzim untuk memproduksi energi.

8) Kandungan Bromelain yang Kaya
Bromelain yang diperoleh dari batang nanas atau jus nanas segar, kemudian dikonsumsi selama lebih dari 6 bulan, dapat mengurangu inflamasi usus besar. Bromelain juga memiliki kemampuan untuk melawan mekanisme kanker. Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa bromelain menyebabkan autophagy dalam sel karsinoma mammary. Bromelain ditemukan mampu mengurangi pembuangan cytokines proinflamasi, serta chemokines.

9) Bekerja Lebih Baik Dibandingkan Obat Batuk
Jus nanas membantu melegakan radang tenggorokan dan membantu tubuh untuk membuang lendir dengan mudah. Lendir yang kental dan membandel pada paru-paru atau sinis dapat memicu munculnya batuk menahun, bersin-bersin, dan infeksi yang membahayakan. Pada sebuah penelitian yang diterbitkan di “Der PharmaChemica” tahun 2010, peneliti mencoba untuk menemukan pengobatan bagi pasien yang terkena TBC, penyakit infeksius yang seringkali disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Sebagai bagian dari penelitian yang mereka lakukan, mereka menemukan bahwa campuran jus apel mentah, merica, dan madu yang diberikan kepada pasien setiap hari membantu mengencerkan lendir pada paru-paru. Pada peneltian lebih lanjut, peneliti menemukan bahwa ekstrak nanas mentah dapat mengurangi lendir 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan obat batuk sirup yang dijual di pasaran. Pasien pulih 4,8 kali lebih cepat dan menunjukkan pengurangan gejala yang berhubungan dengan batuk.

semoga bermanfaat...

sumber: http://infoherbalis.com/2016/09/nanas-dan-rahasianya.html