Tahukan Buah ini? Ternyata Berkhasiat untuk Kesehatan

Buah Karsen dan manfaatnya untuk kesehatan
 
Karsen dan manfaatnya untuk kesehatan
Buah Karsen dan manfaatnya untuk kesehatan

Buah Karsen dan manfaatnya untuk kesehatan - Buah kersen banyak kita jumpai di tiap-tiap daerah di Indonesia, tetapi banyak yang menilai buah ini buah biasa saja hingga pohon buah kersen banyak ditebang. Di Indonesia, buah kersen mempunyai banyak nama seperti disebut dengan nama cerry, baleci, keres, serta keresen.

Buah ini bernama ilmiah Muntingia calabura L. Juga mempunyai nama sendiri di beberapa negara umpamanya di Spanyol, buah ini di kenal dengan capulin blanco, nigua, niguito, cacaniqua. Pohon kersen dapat didapati dimana saja karenanya tumbuh liar. Pohon kersen juga termasuk pohon yang cepat tumbuh dengan tinggi dapat mencapai 5-10 mtr.. Mempunyai daun berbulu serta lengket, pohon kersen memiliki buah berwarna merah ketika masak dengan diameter sekitar 1,5 cm. Buah kersen muda berwarna hijau muda serta warnanya bakal beralih jadi merah jelas saat buah telah masak serta memiliki rasa manis.Tak cuma mempunyai rasa manis yang

nikmat, nyatanya buah kersen juga memiliki kandungan nutrisi yang penting, Kandungan nutrisi dalam 100 gr buah kersen yaitu air (77.8 gr), lemak (1,56 gr), protein (0.324 gr) serta serat (4.6 gr). Vitamin B1 atau Tiamin (0.065 mgr), vitamin C sebagai antioksidan atau Ascorbic Acid (80.5 mg). Kandungan mineral dalam buah yakni kalsium (124.6 mgr), fosfor (84 mg), zat besi (1.18 mg). Kandungan zat yang lain yaitu karotin (0.019 mg), niacin (0.554 mg) serta ribaflavin (0.037 mgr).

Dilihat dari kandungan nutrisi yang ada dalam buah ini pasti buah ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan serta kecantikan, berikut diantaranya :
1.Menyehatkan jantung
Kandungan antioksidan serta nutrisi yang lain dalam buah kersen bisa membuat perlindungan organ jantung.

2. Antiseptik pembunuh bakteri dalam badan
Teratur konsumsi buah atau air rebusan daun kersen sangatlah bermanfaat untuk badan, lantaran menolong membunuh microba yang beresiko untuk badan.

3. Mengobati diabetes
Kandungan serat alami serta nutrisi yang lain dalam buah kersen diakui ampuh menghindar serta memudahkan penyakit diabetes.

4. Menangani hipertensi
Kandungan kalium dalam buah kersen diakui bagus untuk menormalkan desakan darah hingga penyakit hipertensi bisa dijauhi.

5. Melindungi kesehatan mata
Kandungan Vitamin A serta betakaroten dalam buah kersen ampuh melindungi kesehatan mata serta membuat perlindungan pandangan.

6. Menghindar peradangan serta turunkan demam
Lantaran buah ini mempunyai kandungan senyawa yang berperan sebagai anti inflamasi.

7. Menghalangi perkembangan sel kanker
Bisa menolong dalam menghalangi perkembangan sel kanker yang ada pada badan lantaran mempunyai senyawa anti tumor.

8. Menyembuhkan asam urat
Menyembuhkan asam urat serta menormalkan kembali asam urat badan lewat cara konsumsi buah dengan cara teratur sehari-hari.

9. Menolong turunkan tekanan darah tinggi
Dengan mengkonsumsinya dengan cara teratur lantaran buah ini memiliki kandungan kalium yang bisa menstabilkan tekanan darah.

10. Menolong turunkan berat tubuh
Lantaran memiliki kandungan karbohidrat yang bisa untuk menahan lapar lebih lama dengan konsumsi buah ini dengan cara teratur.

11. Menghindar penuaan dini
Kandungan Vitamin C serta antioksidan dalam buah kersen ampuh menghindar sinyal tanda penuaan dini, hingga kulit muka bakal lebih kencang serta bersih bercahaya.

12. Menangani permasalahan jerawat
Kandunagn vitamin C serta antioksidan dalam buah kersen berguna juga untuk menangani jerawat. Langkahnya cukup memencet buah kersen serta memoleskannya dengan cara rata di wajah. Diamkan sepanjang semalam, basuh saat pagi harinya.

13. Bisa menghaluskan kulit muka ataupun tubuh
Langkahnya yakni : siapkan buah kersen seperlunya, selepas itu haluskan dengan memakai jus serta tambahkan 2 sendok makan madu. Saat sebelum memakainya, bersihkan terlebih dulu kulit dengan air dingin. Selepas itu, maskerkan pada kulit muka maupun tubuh dengan cara rata. Lalu diamkan sepanjang 20 menit sampai masker kering, lalu bersihkan kembali dengan air dingin. Kerjakan perawatan ini dengan cara teratur 2-3 kali dalam satu minggu, selepas minimum 1 bln. kulit bakal terlihat lebih halus serta lembut.

14. Menangani permasalahan pada rambut


Sebagaimana rambut rontok, rambut bercabang, rambut kering, ketombe, menyuburkan rambut serta masalah rambut yang lain. Langkahnya yakni dengan membilaskan buah kersen yang dihaluskan keseluruh rambut serta kulit kepala secar rata sembari dipijat lembut, lalu diamkan sepanjang 20 menit. Lalu bersihkan serta kerjakan perawatan ini dengan cara teratur 2 kali satu minggu.

Itulah manfaat dan khasiat penting buah kersen bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba...