INILAH 6 Ciri-Ciri Anda Mengidap Kanker Serviks! Ciri no.6 banyak yg tidak sadar!!

INILAH 6 Ciri-Ciri Anda Mengidap Kanker Serviks! Ciri no.6 banyak yang tidak sadar!!

Kankër sërviks atau yang disëbut juga sëbagai kankër mulut rahim mërupakan salah satu pënyakit yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Kankër sërviks mërupakan jënis kankër yang mënëmpati përingkat tëratas sëbagai pënyëbab këmatian wanita di dunia.

Kankër sërviks mënyërang pada bagian organ rëproduksi kaum wanita, tëpatnya di daërah lëhër rahim atau pintu masuk kë daërah rahim yaitu bagian yang sëmpit di bagian bawah antara këmaluan wanita dan rahim.

INILAH 6 Ciri-Ciri Anda Mengidap Kanker Serviks! Ciri no.6 banyak yg tidak sadar!!

Human papilloma Virus (HPV) mërupakan pënyëbab dari kankër sërviks. Yang mënyëbabkan banyak këmatian pada kaum wanita adalah virus HPV tipë 16 dan 18. Virus ini sangat mudah bërpindah dan mënyëbar, tidak hanya mëlalui cairan, tapi juga bisa bërpindah mëlalui sëntuhan kulit. Sëlain itu, pënggunaan wc umum yang sudah tërkëna virus HPV, dapat mënjangkit sësëorang yang mënggunakannya jika tidak mëmbërsihkannya dëngan baik.

Sëlain itu, këbiasaan hidup yang kurang baik juga bisa mënyëbabkan tërjangkitnya kankër sërviks ini. Sëpërti këbiasaan mërokok, kurangnya asupan vitamin tërutama vitamin C dan vitamin Ë sërta kurangnya asupan asam folat.
Këbiasaan buruk lainnya yang dapat mënyëbabkan kankër sërviks adalah sëringnya mëlakukan hubungan intim dëngan bërganti pasangan, mëlakukan hubungan intim dëngan pria yang sëring bërganti pasangan dan mëlakukan hubungan intim pada usia dini (mëlakukan hubungan intim pada usia

Kankër sërviks mëmbutuhkan prosës yang sangat panjang yaitu antara 10 hingga 20 tahun untuk mënjadi sëbuah pënyakit kankër yang pada mulanya dari sëbuah infëksi. Olëh karëna itu, saat tahap awal përkëmbangannya akan sulit untuk di dëtëksi. Olëh karëna itu di sarankan para përëmpuan untuk mëlakukan tëst pap smëar sëtidaknya 2 tahun sëkali, mëlakukan tëst IVA (inspëksi visual dëngan asam asëtat), dll. Mëskipun sulit untuk di dëtëksi.


Ciri-ciri bërikut ini bisa mënjadi pëtunjuk bagi kaum wanita apakah dirinya mëngidap gëjala kankër sërviks atau tidak:
  1. Saat bërhubungan sëlalu mërasakan sakit, bahkan sëring diikuti flëk adanya përdarahan.
  2. Mëngalami këputihan yang tidak normal disërtai dëngan pëndarahan dan jumlahnya bërlëbih.
  3. Sëring mërasakan sakit pada daërah pinggul.
  4. Mëngalami sakit saat buang air këcil.
  5. Pada saat mënstruasi, darah yang këluar dalam jumlah banyak dan bërlëbih.
  6. Saat përëmpuan mëngalami stadium lanjut akan mëngalami rasa sakit pada bagian paha atau salah satu paha mëngalami bëngkak, nafsu makan mënjadi sangat bërkurang, bërat badan tidak stabil, susah untuk buang air këcil, mëngalami përdarahan spontan.



Sëmoga kita tërhindar dari sëgala pënyakit ya . Aamiin

sumber: tricsehat