Sahabat Wanita yang Paling Mengerti Wanita adalah Daun Sirih

Sahabat Wanita yang Paling Mengerti Wanita adalah Daun Sirih
 
Sahabat Wanita yang Paling Mengerti Wanita adalah Daun Sirih
Sahabat Wanita yang Paling Mengerti Wanita adalah Daun Sirih

Sahabat Wanita yang Paling Mengerti Wanita adalah Daun Sirih - Daun sirih adalah tanaman yang banyak terdapat di sekitar kita, tanaman ini tumbuh merambat atau menjalar ke batang pohon lain. Tanaman asli indonesia ini sangat bermanfaat untuk pengobatan beberapa penyakit secara alami. Manfaat daun sirih memang sudah dikenal oleh banyak masyarakat sehingga mereka sering menggunakannya untuk pengobatan alternatif beberapa jenis penyakit. Dalam artikel ini saya akan membahas lebih jauh apa saja manfaat daun sirih yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sirih Memiliki Nama Latin Piper Betle Yang lazimnya di kenal sebagai Tumbuhan yang merambat dan biasanya bersandar pada pohon lain ini mempunyai ciri Tanaman yang mampu Tumbuh mencapai tinggi 15 Meter, Sementara itu untuk Batang dari tanaman sirih ini berbentuk Bulan dan berwaran Kecoklatan dengan corak Ruas-ruas di bagian batangnya seperti layaknya pohon Bambu, di sinilah tempat keluarnya akar dari Tumbuhan sirih ini, nah untuk Daunnya Yang akan kita bahas ini Khasiat Daun Siri atau Manfaat Daun Sirih ini memiliki daun yang berbentuk Jantung, dengan bentuk bersalang seling dan ujungnya berbentuk Runcing, apa bila Daun Sirih ini di remas maka akan mengeluarkan bau yang segar khas Daun sirih ini.

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Manfaat daun sirih juga dapat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga, manfaat daun sirih bisa untuk mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Manfaat Sirih lainnya :
  1. Rendaman air daun sirih yang sudah direbus dapat membersihkan mata.silahkan anda ambil beberapa lembar daun sirih lalu rebus,diamkan hingga dingin,saring dan gunakan untuk merendam mata anda.
  2. Daun sirih bermanfaat untuk mengobati gigi dan gusi yang bengkak.silahkan anda gunakan air rebusan daun ini lalu gunakan untuk berkumur.lakukan secara rutin , maka gusi atau gigi yang bengkak akan berangsur pulih.
  3. Daun sirih dapat menghilangkan bau ketiak,dengan cara meminum air rebusan daun ini.silahkan anda lakukan cara meramunya seperti no.1
  4. Manfaat daun ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan keputihan,silahkan anda minum air rebusan daun ini,lalu sisanya anda basuhkan pada area kewanitaan anda.
  5. Jika anda terkena sariawan silahkan berkumur dengan air rebusan ini.
  6. Jika anda secara rutin berkumur menggunakan air rebusan daun ini maka akan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.
  7. Daun sirih bisa digunakan untuk mengobati luka bakar , silahkan anda panaskan beberapa lembar daun hingga layu dan tempelkan pada kulit yang terluka bakar
  8. Bila hidung keluar darah terus (mimisan), gulungan daun Sirih Hijau yang disumpalkan di hidung, bisa membuat darah yang keluar pun terhenti. Jadi bisa dijadikan obat mimisan.
  9. Menghilangkan gatal-gatal di kulit. Caranya balurkan tumbukan daun Sirih Hijau, ke bagian tubuh yang gatal-gatal, niscaya gatalnya jadi reda atau bahkan hilang sama sekali.
  10. Daun Sirih Hijau juga bisa untuk mengobati eksim, atau penyakit kulit lainnya.
  11. Tanaman Sirih Hijau, ternyata bisa mengusir semut, nyamuk, lalat dan serangga lain. Di sekitar lokasi tanaman ini, semut dan serangga akan menyingkir,selain itu rebusan air daun sirih dapat memperlancar haid , mengobati asma , dan radang tenggorokan
  12. Cairan daun Sirih Hijau, bisa untuk obat semprot hama dan tidak mematikan tanaman. Penyakit dan kutu yang menyerang tanaman bisa sirna.
  13. Sirih Hijau, daunnya juga dipercaya bisa untuk mengobati demam berdarah. Minum rebusan daunnya, bisa mematikan kuman penyebab demam berdarah. Atau oleskan gilingan daun Sirih Hijau ke tubuh, dibalurkan, nyamuk penyebab demam berdarah tidak berani menggigitnya.
semoga bermanfaat...

sumber: http://infoherbalis.com/2015/03/sirih-tanaman-sahabat-wanita.html